Solihatbudisetiyadi’s Weblog


PHBS > Gaya Hidup Sehat
January 17, 2009, 2:35 am
Filed under: Gaya Hidup

Mencegah sakit adalah lebih mudah dan murah dari pada mengobati seseorang apabila jatuh sakit. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan bergaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan semakin banyaknya penderita penyakit tidak menular (degeneratif) seperti jantung, tekanan darah tinggi, kanker, stress dan penyakit tidak menular lainnya yang disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, maka untuk menghindarinya kita perlu bergaya hidup yang sehat setiap harinya.

Keuntungan bergaya hidup sehat :
• Merasa tenteram, aman dan nyaman Memiliki rasa percaya diri, hidup seimbang, tidur nyenyak
• Berpenampilan lebih sehat dan ceria
• Sukses dalam pekerjaan
• Menikmati kehidupan sosial dilingkungan keluarga, handai taulan dan tetangga

Bagaimana melakukan gaya hidup sehat setiap hari agar terhindar dari bahaya penyakit tidak menular tersebut ? Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setiap hari yaitu :
Makan aneka ragam makanan
Melakukan aktifitas fisik secara teratur
Mengendalikan stress
Hindari NAPZA (Narkotik, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya)
Tidak melakukan hubungan seksual diluar nikah

PHBS > Makan Aneka Ragam Makanan

Makan aneka ragam makanan sesuai dengan pedoman gizi seimbang yaitu dengan tinggi serat rendah lemak, tidak berkebihan, serta selalu memantau berat badan.

Sebaiknya makanlah makanan dengan memperhatikan sumber zat tenaga, sumber zat pembangun, sumber zat pengatur.
• Makan makanan yang mengandung sumber karbohidrat setengan dari kebutuhan
• Makan makanan sesuai dengan kebutuhan tidak berkebihan. Orang yang tidak bekerja keras membutuhkan lebih sedikit makanan dari pada yang bekerja keras
• Menggunakan garam beryodium pada makanan agar terhindar dari penyakit gondok, kretin dan hambatan perkembangan tubuh dan kecerdasan anak
• Makan sesuai usia, apabila sudah memasuki usia lanjut kita membutuhkan makanan lebih sedikit dan lebih mengurangi lemak, gula dll

Makanan yang sehat lebih banyak :
• Buah segar dan sayuran untuk memnuhi vitamin, serat dan mineral
• Ikan, kandungan kolesterol dan lemak lebih rendah daripada daging sapi
• Kurangi makan garam, untuk menghindari resiko menderita hipertensi dan serangan jantung
• Kurangi gula, madu, sirup dan coklat yang menyebabkan kegemukan
• Kurangi lemak, untuk mengurangi resiko penyakit jantung
PHBS > Melakukan Aktifitas Fisik Secara Teratur

Mengapa aktivitas fisik sangat penting? Orang butuh aktivitas fisik bila ingin sehat. Gaya hidup modern dan kemajuan teknologi saat ini membawa konsekwensi tidak menguntungkan bagi kesehatan kita. Duduk didepan TV atau komputer, naik mobil jarak pendek atau menggunakan elevator tidak memberikan kesempatan kita untuk melakukan aktivitas fisik. Tidak melakukan aktivitas fisik sama bahaya dengan merokok. Melakukan aktivitas fisik secara teratur setiap hari minimal 30 menit akan menyehatkan jantung dan paru-paru serta organ tubuh lainnya.

Aktivitas fisik adalah pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga secara sederhana yang sangat penting bagi pemeliharaan fisik, mental dan kualitas hidup yang sehat dan bugar. Para ahli mengatakan bahwa total waktu dari setiap kegiatan fisik selama 30 menit dalam satu hari akan memelihara kesehatan atau meningkatkan kesehatan. Aktivitas fisik tidak harus terlalu akeras untuk meningkatkan kesehatan. Lakukan aktivitas secara teratur paling sedikit 30 menit setiap hari. Setelah tiga bulan secara teratur akan terasa hasilnya dan perbedaannya.

Keuntungan dari aktivitas fisik secara teratur

Kesehatan lebih baik
• Lebih segar dan bugar
• Bentuk tubuh lebih baik dan seimbang
• Lebih percaya diri
• Berat badan terkontrol
• Otot dan tulang lebih lentur dan kuat
• Merasa lebih bertenaga
• Terhindar dari penyakit jantung, stroke, osteoporosis, kanker, tekanan darah tinggi, dll
Syarat melakukan aktivitas fisk dengan aman dan benar adalah bila berumur lebih dari 35 tahun hati-hati apabila ada masalah dengan kesehatan. Aktivitas sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Melakukan pemanasan. Mulailah dari yang ringan dan secara perlahan ditingkatkan. Bila terasa terbiasa dapat dilakukan dengan frekuensi yang meningkat.

Beberapa cara untuk aktivitas fisik
• Jalan cepat ; Perlu sepatu yang cukup enak dipakai agar kaki nyaman dan sehat. Apalagi untuk berjalan ke kantor atau naik tangga
• Renang ; adalah latihan menyeluruh. Agar berenang secepat mungkin dengan nafas yang dalam
• Senam atau peregangan ; sangat baik bagi otot-otot dan sendi-sendi yang kaku. Juga meleturkan otot serta melancarkan peredaran darah
PHBS > Mengendalikan Stress

Dengan cara menyelesaikan satu pekerjaan saja pada satu saat, tidak mengkritik orang lain. Tekanan, keinginan dan rasa takut adalah kenyataan dalam hidup. Sedikit stress tidak apa-apa bahkan akan menyebabkan kita waspada. Kalau stress sampai berlebihan akan membebani seseorang dan menyebabkan masalah fisik dan mental. Sebaiknya kita kerja sama dengan stress agar tidak menjadi beban. Punya hobi dan waktu rekreasi.

Kiat-kiat menghindari stress :
• Menerima kenyetaan
• Mau berbagi rasa
• Menbatasi parubahan
• Belajar untuk santai
• Memupuk keluarga bahagia
• Minta nasehat dokter
• Berserah diri dan berdoa kepad Tuhan

“Kesehatan memang bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segala sesuatu tidak ada artinya”
PHBS > Hindari NAPZA (Narkotik, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya)

Menghindari dari NAPZA akan sangat bermanfaat sekali, karena zat tersebut akan merusak seluruh tubuh sehingga menyebabkan tidak sehat. Dan akan merusak masa depan. Selain itu juga akan menimbulkan penyakit jantung, kanker, dan kemunduran mentalitas. Termasuk dalam hal ini adalah rokok. Masalah rokok dan Narkotik dan bahan berbahaya lainnya merupakan masalah yang sangat komplek saat ini. Rokok merupakan pintu gerbang untuk melakukan penyalahgunaan narkotik dan bahan berbahaya lainnya. Untuk itu kalau bisa janganlah mamulainya apabila anda ingin sehat. Sebetulnya merokok dapat dihindari dengan tidak mulai mencobanya. Banyak beraktivitas yang positif. Tahu sekali bahaya merokok dan mampu tidak terayu dengan iklan yang menggoda. Berpikir realistik dan logik. Percaya diri bahwa tidak merokok merupakan orang modern.

> Tidak Melakukan Hubungan Seksual Diluar Nikah

Tidak melakukan hubungan seksual diluar nikah sangat penting untuk menghindari diri dan keluarga dari bahya HIV/AIDS, selain tidak sesuai dengan ajaran agama manapun. Untuk menghindari HIV/AIDS selain tersebut diatas juga perlu hati-hati dengan tranfusi darah. Apabila disuntik dengan jarum suntik pastikan bahwa jarum tersebut baru. Ibu yang terinfeksi HIV sebaiknya tidak hamil. Apabila pasangan anda sudah terinfeksi HIV maka dalam melakukan hubungan seksual pergunakanlah kondom dengan benar. Tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Hindari Menu Makanan yang Buruk !
Semua orang berpacu dengan waktu mengejar target dan harapan yang telah ditentukan.
Maka sebagian BESAR orang, melupakan dan melalaikan tentang pentingnya masalah Menu
Makanan yang baik, mereka hanya mementingkan target, harapan serta ambisi mereka saja.
Sedangkan Menu Makanan tidak tidak terpikirkan lagi, yang penting bagi mereka adalah
MAKAN yang ENAK dan CEPAT !

Salah satu dampak yang terlihat jelas adalah Menu Makanan.
Contoh yang disebelah ini sangat Menggiurkan tetapi harus DIHINDARI !
Maka Pengetahuan tentang Menu Makanan menjadi sangat penting karena dengan demikian
kita akan mengetahui apa yang sebenarnya kita berikan untuk tubuh kita.

Untuk mendapatkan Menu makanan yang Sehat kita harus mengurangi Kadar Lemak
Jenuh dalam semua menu makanan kita dan harus berusaha menyingkirkan dan
menghindarinya semampu kita.

1. Membuang semua Lemak yang Kelihatan dan Tidak Kelihatan.
2. Mengurangi semua Makanan berlemak.
3. Mengurangi jumlah Lemak Jenuh (Lemak Hewani) dalam makanan.
4. Mengurangi Makanan yang berkolesterol.

Meningkatkan Makanan SEHAT !
Kemakmuran meningkat, gaya hidup juga meningkat mengikutinya, tetapi apakah
Keadaan Kondisi Kesehatan kita meningkat juga ?
Untuk mengimbangi masuknya Lemak Jenuh (Omega 6) dari Menu Makanan kita dan juga
meningkatnya produksi Kolesterol Jahat (LDL) yang diproduksi dalam hati (liver) yang
disebabkan Stress maupun Depresi karena Tekanan Keadaan yang mempengaruhi kita pada
jaman ini, maka harus meningkatkan konsumsi Menu Makanan Sehat, sebagai berikut :

1. Meningkatkan Jumlah Lemak tidak Jenuh Ganda dalam Menu Makanan.
2. Meningkatkan Jumlah Menu Makanan berserat Tinggi.
3. Meningkatkan konsumsi Sayuran dan Buah-buahan berserat tinggi.

Olahraga secara teratur
Melakukan aktifitas fisik atau berolahraga secara teratur untuk dapat meningkatkan
metabolisme tubuh secara menyeluruh, maka pembakaran Lemak dan kolesterol juga
meningkatkan serta memperlancarkan peredaran dan sirkulasi darah pada seluruh tubuh
kita dan juga penting sekali untuk latihan untuk otot-otot pada jaringan jantung kita.

Keberhasilan yang dicapai dari olahraga bergantung sesuai dengan kadar kegiatan
olahraga dan keteraturannya sesuai dengan kemampuan kita masing-masing pribadi.

Hindari kehidupan yang STRESS
Kemakmuran meningkat, Gaya Hidup juga mengikutnya. Dengan harapan tindakan untuk
menjaga & memperbaiki kondisi Kesehatan kita juga meningkat juga ? Karena mereka
umumnya tidak memperhatikan kemampuan mereka, maka umumnya masyarakat akan mengalami
Stress yang tinggi karena desakan cita-cita, target, ambisi maupun idealisme yang
tinggi pula.

Apakah kita mempunyai kemampuan untuk itu ?
Apakah kita bersabar untuk menerima keadaan ?
Bagaimana kita nanti ? Keluarga ? Isteri ? Anak-anak ?

Stress telah menyerang tanpa disadari oleh yang mengalaminya, Stress mempengaruhi dan
meningkatkan hormon stress dalam tubuh yang berakibat naiknya tekanan darah dan pada
umum stress mendorong kegiatan yang merugikan dan merusak, seperti minum minuman
keras, merokok, bergaul secara bebas, narkotik dan lain-lain.

Akibat stress juga mengakibatkan peningkatan produksi Kolesterol Jahat (LDL) yang
diproduksi oleh hati (liver) yang dapat mengakibatkan meningkatnya resiko penyempitan
dan penyumbatan pembuluh darah (Arteriosklerosis). Maka hindari Stress untuk
menghindari dampak buruk yang lebih banyak dan komplek dengan beristirahat, berlibur
dan bertamasya.

aku ambil artikel ini dari  http://tunggu2014.multiply.com/reviews/item/23


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: