Solihatbudisetiyadi’s Weblog


Perbandingan 4 Browser Terkemuka
October 21, 2008, 12:58 am
Filed under: tentang internet

Mozilla Firefox, Mozilla Safari, Opera, dan Internet Explorer.
Saat ini 4 browser inilah yang tengah naik daun di dunia internet. Jauh meninggalkan pesaing pesaingnya seperti Netscape Communicator, AOL dll. So, apa aja sih kehebatan ke 4 browser ini. Kebetulan tadi siang aq mencoba ke 4 browser ini. Sebagai tambahan, spec komputer (kantor) yang ta pake Intel Pentium Dual Core, 512 MB RAM, 128 VGA Ati Radeon

Mozilla Firefox
Pertama kali aq nyoba dengan Mozilla Firefox 3. Kesan pertama yang ta dapet, buset berat banget, padahal tanpa add on. Akhirnya kembali ke selera asal aja dech, Mozilla Firefox 2, yang lumayan enteng. Sip performanya emang bagus, kecepatan browsingnya cepet. Tampilannya juga oke, apalagi ta tambahi add on Ook? lucu yah namanya, ini buat download file2 youtube tanpa software.
score : 3

Mozilla Safari
Sebenarnya tadinya g mau nyoba browser yang satu ini, soalnya bolak balik masuk situsnya mozilla g pernah ketemu link downloadnya. Eh jebul dengan enaknya nangkring di http://www.apple.com. Ya, mozilla safari memang milik apple, karena ini browser bawaan Operating System Macintosh. Tampilannya apple bangeet. Bagi yang udah terbiasa dengan Firefox tidak akan bingung dengan Safari. Ringan banget, saking ringannya kudu nginstall beberapa add on, karena memang sengaja tidak disertakan. Dan yang paling membuatku kaget, kecepatan browsingnya cepet banget. Sama sama dalam kondisi cookies yang bersih, Safari mampu membuka situs Yahoo, Detik.com sepersekian detik lebih cepat daripada Firefox.
score : 4

Opera
Ini sebenarnya browser kesukaanku, enteng, cepet praktis. Dan yang paling membuatku senang adalah Opera mampu “memaksa” membuka sebuah web dengan cepat dalam kondisi bandwith rendah. Hanya saja saking entengnya add on nya sedikit sekali, sudah begitu tidak bisa ditambah lagi. Kalau membuka situs situs yang berat misal friendster, blogger, dipastikan ada beberapa “unsur” yang tidak mampu ditampilkan Opera.
score : 2

Internet Explorer
Browser yang sudah sangat umum di pasaran. Biasanya dipake oleh pemula yang baru mulai belajar internet. Karena gampang, dan tidak ribet. Kelemahannya adalah tidak adanya fitur tab, dan kecepatannya dalam membuka web kalah cepat dibandingkan yang lainnya, apalagi dalam kondisi bandwith kecil.
score : 1

Kesimpulan, dari beberapa test yang ta coba, klik sana, klik sini, download sana download sini. Aq kok lebih sreg ama Mozilla Safari yah, kesan pertama begitu menggoda.

sumber http://maximilliano-yoko.blogspot.com


1 Comment so far
Leave a comment

mantaplah

Comment by Dodhy




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: